Penyebab Leukosit Tinggi dan Efek Yang Terjadi

Penyebab Leukosit Tinggi - Darah manusia terdiri atas sel-sel darah dan cairan yang disebut sebagai plasma darah.
Sel darah terdiri atas Sel darah merah (erythrocit), Sel ini membawa nutrisi serta oksigen ke organ, jaringan dan sel-sel dalam tubuh kita.  sedangkan Sel darah putih (leukosit), merupakan sistem pertahanan tubuh yang penting untuk menangkal bakteri, virus, kuman, dan kotoran lain yang memicu penyakit yang melemahkan tubuh.

Sel-sel darah putih atau leukosit berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi serta sel-sel tumor (kanker).
Jika sel darah putih ini jumlahya rendah dalam tubuh juga dapat membuat tubuh mudah terinfeksi, sedangkan jika terdapat peningkatan dapat menggambarkan adanya infeksi yang terjadi. Peningkatan sel darah putih melebihi normal disebut leukositosis.
lalu Apa Penyebab Leukosit Tinggi ?
leukosit tinggi biasanya disebabkan oleh infeksi, namun ternyata ada banyak penyebab lain  leukosit bisa tinggi, berikut ini daftar lengkapnya :

1. Infeksi
Jumlah leukosit (leukositosis) meningkat akibat dari infeksi. Baik infeksi umum yang terjadi pada tubuh yang biasanya ditandai dengan demam, atau infeksi dan peradangan yang terjadi pada sumsum tulang yang memproduksi leukosit. dengan begini Infeksi bakteri dan virus sangat dapat memicu terjadinya leukositosis.

2. Alergi.
Leukositosis juga sangat erat dengan hubunganya dengan reaksi kekebalan tubuh seseorang yang berupa alergi. Contohnya saja pada orang yang memiliki asma dan serangan alergi lainnya.

3. Penyakit Sum-sum Tulang. 
Ketika ditemukan leukosit tinggi lebih dari 30.000 per mm kubik, hal bisa disebabkan oleh adanya keganasan atau kanker pada sumsum tulang yang mendasari, termasuk leukemia atau kanker darah.

4. Penyebab Lainnya. 
Penyebab leukosit tinggi lainnya adalah stres fisik dan psikis, asupan obat-obatan tertentu seperti lithium dan beta agonis, operasi pengangkatan limpa, anemia hemolitik.

Apa Efek  jika Leukosit Tinggi ?

Timbulnya penyakit infeksi. 
Penyakit-penyakit infeksi seperti tifoid, hepatitis, infeksi saluran kemih, infeksi saluran napas, telinga bahkan infeksi kulit bisa dialami oleh pengidap Leukosit Tinggi.

Sering Mengalami Demam. 
Seseorang dengan leukosit tinggi bisa sering sakit demam yang sering.  Kenaikan leukosit yang menyertai keadaan demam bisa menjadi petunjuk ke arah proses infeksi bakteri, serta penanda kelainan dari leukosit itu sendiri.

Terjadi Peradangan. 
Setiap terjadi peradangan, alergi, infeksi akan menyebabkan kenaikan jumlah sel darah putih. Ini merupakan reaksi lanjutan terhadap obat yang dikonsumsi untuk meningkatkan produksi sel-sel darah putih.

Kram dan Gangguan Limpa. 
Leukosit yang tinggi diiringi demam, disertai kram pada perut, mual, gangguan pada organ Lien (limpa) atau juga hati. Tubuh mudah merasa lelah dan wajah terlihat pucat.


Tips Untuk Menghindari Penyakit Leukosit Tinggi 
Untuk mencegah hal tersebut yang dapat dilakukan adalah
  1. Makan makanan yang sehat dan bergizi seimbang
  2. Cuci tangan dengan air dan sabun
  3. Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit
  4. Menggunakan masker
  5. Berolahraga secara rutin
Ok itu dia Penyebab Leukosit Tinggi, Efek Yang Terjadi dan Tips Menghindari.

Tidak ada komentar